18/11/2015

Uji F

Menurut Imam Ghozali (2009) Uji statistik F pada dasarnya menunjukan apakah semua variabel independen yang dimasukan dalam model mempunyai pengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap variabel dependen.

Uji ini sering juga disebut dengan pengujian signifikansi Keseluruhan (Overall Significance) terhadap garis regresi yang ingin menguji apakah Y secara linear berhubungan dengan variabel-variabel X. maka dari itu uji ini Uji Bersama-sama.

Hipotesis yang digunakan dalam pengujian ini ialah:

Ho : Secara Bersama-sama variabel dependen tidak berpengaruh terhadap variabel independen 
Ha : Secara Bersama-sama variabel dependen tidak berpengaruh terhadap variabel independen atau paling sedikit ada satu variabel yang berpengaruh

Untuk uji ini seperti biasa silahkan cara mendapatkan tabel yang diperlukan pada SPSS bisa dilihat pada pos (Cara Mencari Bahan Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis dengan SPSS) silahkan cari tabel seperti di bawah ini:


saya ingatkan terlebih dahulu, jumlah model yang tampil pada hasil pencarian bergantung pada model regresi yang digunakan dan jumlah variabel independen atau X yang ada pada persamaan regresi. namun apabila kalian menggunakan metode enter model yang akan muncul hanya akan ada satu buah saja.

Lalu kemudian model yang digunakan sebagai hasil penelitian dari persamaan regresi adalah model yang paling terakhir, pada kasus gambar di atas maka model yang dianggap sebagai hasil sebenarnya persamaan regresi adalah model ke-3.

nah, untuk melakukan pembuktian hipotesis uji F bagian yang kita harus lihat ialah bagian dengan tanda F, tentu pada model yang terakhir ya.


ada dua cara yang paling umum digunakan untuk menguji Hipotesisnya, Menurut Duwi Priyatno (2009) diantaranya, yang pertama adalah dengan membandingkan F Hitung (dari hasil yang kita dapat melalui SPSS) dengan F Tabel. untuk F Tabel dapat dilihat pada Link berikut (Belum Tersedia). untuk pengujiannya ialah sebagai berikut
  • Apabila F hitung ≤ F tabel, maka H0 diterima;
  • Apabila F hitung > F tabel, maka H0 ditolak, dan Ha diterima;
yang kedua ialah dengan membandingkan Signifikan (Sig.) dengan α, untuk pengujiannya ialah sebagai berikut :
  • Apabila Sig. < dari α maka H0 diterima;
  • Apabila Sig.  dari α maka H0 ditolak dan Ha diterima:

Sumber:

Imam Ghozali. 2009. Ekonometrika - Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Diponegoro: Semarang
Priyatno Duwi. 2009. SPSS "Untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate". Gava Media: Yogyakarta

No comments:

Post a comment