05/08/2015

Cara Mencari Bahan Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis Dengan SPSS (Regresi Linear dan Linear Berganda)

Oke sebelum kita mulai, perlu diketahui bahwa dalam melakukan pengujian ini, ada sekali banyak metode yang dapat diterapkan:
  1. Metode Enter
  2. Metode Backward
  3. Metode Forward
  4. Metode Stepwise
  5. Metode Remove
Saya tidak akan menjelaskan satu-persatu bagaimana cara menggunakan metode tersebut, pada Post di blog ini metode yang akan saya gunakan sampai akhir hanyalah satu, yaitu metode "enter". alasan saya menggunakan metode ini ialah selain ini metode yang paling umum, penggunaanya juga lebih mudah dimengerti. asumsi yang digunakan pada metode ini ialah semua variabel dianggap layak dengan catatan memenuhi standar "F" yang sudah di atur secara otomatis atau settingan pada SPSS.
cuma ngasih tau aja nih biar nggak kaget, buat kalian yang mau coba lagi dengan metode lain biar jadi yakin, mendingan nggak usah deh. karena hasilnya bisa saja beda dengan metode selain "enter".
Oke sekarang kita mulai belajarnya:

1. Siapkan data yang akan diolah.
Untuk kalian yang mengolah data dari kuisioner harap dimengerti kalau dalam Uji Regresi Linear atau Linear Berganda, yang kalian olah itu bukan data mentah dari kuisioner tersebut, tetapi hasil rekapnya.
2. Klik Analyze > Regression > Linear


3. Lalu akan Muncul Box seperti di bawah ini. Masukan variabel Y kalian pada kolom Dependent dan semua variabel X pada Independent



 4.Klik Statistic dan akan muncul Box seperti di bawah ini. centang semua box seperti di bawah ini, setelahnya klik continue.


5. Klik Plots dan akan muncul box seperti di bawah ini, kemudian masukan SRESID pada kolom Y dan ZPRED pada Kolom X, setelahnya centang seperti dibawah > Continue > Ok


6. Tabel Output akan Memproses data kita dan akan muncul data seperti di bawah ini.


Untuk bagaimana cara membaca tabel dan grafik serta melakukan uji-uji yang dibutuhkan untuk skripsi atau thesis. silahkan baca di bagian selanjutnya.

<< SPSS

No comments:

Post a comment