12/08/2015

Uji Linearitas

Bila kita berbicara Regresi Linear salah satu pertanyaan yang muncul ialah mengenai linearitas tersebut. namun pada penelitian, uji linearitas sudah jarang dilakukan secara tersendiri melainkan digabungkan dengan uji Normalitas. ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah model regresi yang kita gunakan apakah sudah linear atau belum, diantaranya;
  1. Dengan melihat "Normal P-P Plot of Regression Standarized Residual"
  2. Dengan perhitungan
Metode yang paling populer digunakan melihat linearitas ialah dengan menggunakan cara yang pertama (1) atau melihat "Normal P-P Plot of Regression Standarized Residual". adapun cara tersebut sangat populer digunakan ialah karena dengan menggunakan metode ini kita tidak perlu lagi melakukan uji lain untuk mengetahui normalitas model regresi kita. untuk mendapatkan "Normal P-P Plot of Regression Standarized Residual" dapat dilihat di ( Cara Mencari Bahan Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis dengan SPSS ). Berikut akan saya sajikan gambarnya:


Cara membacanya ialah, apabila titik-titik residual bertebar mengikuti garis diagonal seperti di atas maka kita sudah dapat menyimpulkan bahwa model dan data model regresi yang kita gunakan linear dan normal. pada kasus tidak linear dan tidak normal titik-titik residual akan bertebaran berantakan dan tidak mengikuti garis diagonal.

No comments:

Post a comment