16/08/2015

Pengangguran


Dari banyak hal yang dibahas oleh ekonomi makro, masalah pengangguran merupakan suatu masalah yang paling populer bahkan dikalangan orang-orang non ekonom sekalipun. betapa tidak, masalah pengangguran merupakan masalah yang tak kunjung habisnya, dan setiap tahun jumlahnya selalu bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk. dan yang lebih ironis diantara para pengangguran tersebut banyak diantara mereka yang memiliki gelar pendidikan tinggi.
Penangguran itu sendiri adalah orang-orang yang sehat dan mampu tetapi tidak melakukan usaha guna mendapatkan uang atau alat penunjang penghidupan (minimal) bagi dirinya sendiri.
Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya kenapa masalah penangguran ini menjadi sangat penting untuk dituntaskan. banyak masalah yang akan terjadi bila masalah ini dibiarkan, tidak hanya bagi diri si penangguran tersebut. masalah pengangguran ini juga dapat berdampak pada perekonomian dan sosial suatu negara, masalah-masalah tersebut diantaranya:

BAGI NEGARA:
  • Menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat
  • Perlambatan Pembangunan
  • Timbulnya masalah-masalah sosial dan meningkatnya angka kriminalitas
BAGI PELAKU:
  • Menimbulkan luka secara psikologis
  • Memudarnya keahlian karena tak terpakai
Memang dalam buku pelajaran khususnya ekonomi banyak sekali dikatakan bahwa fenomena pengangguran ini ialah hal yang wajar. namun sesungguhnya fenomena penangguran bukanlah hal yang patut untuk dianggap sebagai kewajaran. harus dimengerti bahwa tugas suatu negara adalah memastikan semua warga negaranya dapat hidup dengan layak. keberadaan pengangguran mengindikasikan adanya masalah di masyarakat dan bukanlah hal yang wajar dan harus segera ditangani. ada beberapa masalah yang sebenarnya secara jelas ditunjukkan dari fenomena pengangguran ini sendiri diantaranya:
  1. Sistem pendidikan yang gagal
  2. Lapangan kerja yang tidak terbuka secara adil dan merata
  3. Rendahnya tingkat kesadaran mengenai kerja
  4. Jaringan informasi mengenai lapangan kerja yang lemah
Menurut data yang ada, timbulnya fenomena pengangguran ini tidak berarti membuat pemerintah dan para ahli diam diri saja. ada beberapa hal yang dicoba pemerintah untuk menangani masalah ini, salah satunya yang dilakukan banyak negara ialah mendirikan bursa kerja dimana para penangguran dapat mencari kerja di sana.

Masalah pengangguran bukanlah hanya masalah individu atau pemerintah saja, tapi juga masyarakat itu sendiri. Masyarakat juga punya kewajiban secara aktif guna mengentaskan masalah ini, karena masyarakat juga memegang peranan dalam timbulnya pengangguran ini.

Refrensi:

Mankiw, N.George. 2003. Teori Makroekonomi - edisi kelima. Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a comment