07/06/2015

Memindahkan Data dari Excel ke SPSS

Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk memindahkan data dari Excel Ke SPSS. ada cara yang legal (dengan perangkat yang disediakan SPSS) dan cara yang ilegal (Copy - Paste). tentu ada kelebihan dan kelemahan dari masing-masing cara. cara ilegal itu cendrung lebih cepat dan mudah dari cara legal, tapi terkadang ada kalanya PC atau laptop kita lebih memilih kebenaran dibanding keinginan yang punya sehingga mengacaukan tindakan ilegal yang kita lakukan terhadap data dengan kata lain data yang kita inginkan tidak ter-copy dengan sempurna.

oke, maaf saya terlalu bersemangat.

sekarang saya akan memberi tahu anda bagaimana cara memindahkan data dari Excel ke SPSS dengan cara yang legal, berikut ialah langkah-langkahnya:

1. Buka file Excel yang datanya mau kamu pindahkan, "jangan lupa di save ya !!"
2. Di SPSS klik File > Open > Data


3. nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini, ganti "files of type" menjadi excel, kemudian cari excel data yang mau kamu buka, kemudian open


4. kemudian kamu menentukan range data yang mau dibuka, aturlah range dari judul variabel sampai dengan data paling terakhir yang mau kamu masukan


5. setelah itu tinggal klik OK..

pada kasus yang ilegal buat sekedar informasi, kalian tidak perlu meng-copy nama variabel yang mau kalian uji cukup datanya saja, untuk menamai variabel yang kamu copy tersebut kalian harus masuk ke bagian "variabel view" terlebih dahulu yang ada di kiri bawah layar.



2 comments:

  1. Kak mau tanya dong, kalo udah coba open data excel tapi kenapa pas di SPSS nya gak keluar angkanya ya? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. sudah coba cara yang ilegal ? alias Copy - paste

    ReplyDelete