20/11/2015

Uji Koefisien Determinasi R Kuadrat (R^2)

Menurut Imam Ghozali (2009) Koefisien Determinasi pada intinya mengukur seberapa jauh kemampuan sebuah model dalam menerangkan variasi variabel Dependen.
Nilai Koefisien Determinasi adalah antara nol dan satu. Nilai R2 yang kecil berarti variasi variabel Dependen yang sangat terbatas. dan nilai yang mendekati 1 (satu) berarti variabel-variabel independen sudah dapat memberi semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel Dependen.

Secara umum koefisien determinasi untuk data silang (Crossection) relatif rendah karena adanya variasi yang besar antara masing-masing pengamatan, sedangkan untuk data runtut waktu (Time Series) biasanya mempunyai data koefisien determinasi yang lebih tinggi.


Kelemahan mendasar penggunaan determinasi adalah bias terhadap jumlah variabel independen yang dimasukan kedalam model. setiap tambahan variabel independen, maka nilai R2 pasti meningkat tidak perduli apakah variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Dependen ataupun tidak, oleh karena itu banyak peneliti menganjurkan untuk menggunakan nilai "adjusted R2" pada saat mengevaluasi model regresi terbaik. tidak seperti R2, nilai "adjusted R2" dapat naik atau turun berdesarkan signifikansi variabel independen.

Berikut ialah tabel output hasil pengolahan SPSS yang akan digunakan untuk pengujian ini. untuk bagaimana cara mendapatkan tabel ini anda dapat lihat pada pos (Cara Mencari Bahan Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis dengan SPSS)
Bila anda lihat tabel di atas anda akan sadr bahwa ada 3 model yang dirumuskan oleh SPSS, itu ialah karena saya menggunakan metode stepwise, bila anda menggunakan metode enter hasilnya hanya akan ada satu.

sekedar mengingatkan bila anda menggunakan metode selain Enter, dan ternyata hasilnya lebih dari satu, selalu gunakan model yang terakhir, yang mana merupakan bentuk sempurna dari metode analisis.

Untuk Intepretasi hasil uji ialah sebagai berikut; misal nilai Adjusted R Square 0,598 atau ,598. dengan variabel independen misalkan X1, X2, dan X3 dan dependen Y maka dibaca; Kontribusi X1, X2, X3 dalam menjelaskan variabel Y ialah 59,8% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang diuji.


<< SPSS

Sumber:

Imam Ghozali. 2009. Ekonometrika - Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Diponegoro: Semarang


12 comments:

  1. Yang di maksud data sialang itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data silang adalah data dari banyak sampel yang dikumpulkan dalam satu kurun waktu yang sama

      misal; pada penelitian data yang kita punya adalah laporan tahunan 50 perusahaan pada tahun 2000 saja. (laporan tahunan tahun 2000 dari 50 perusahaan) itu yang dimaksud dengan data silang.

      Delete
    2. pak, boleh di share gak rumus untuk mencari nilai R^2 adjusted ? soalnya klo rumus untuk mencari nilai R^2 saja saya sudah tahu.
      terima kasih.

      Delete
  2. Pak mau tanya pengertian beta dan R?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf boleh tahu "beta" di sini dalam kasus apa? nanti saya akan coba carikan.

      Simbol R Dalam artikel ini memiliki arti ukuran korelasi/hubungan linear (Suatu hubungan, baik dalam hal besar maupun arah) antara dua variabel. secara umum kegunaannya ya seperti pada pengertiannya untuk mengetahui seberapa cocok hubungan antara dua variabel yang diperhitungkan

      Delete
  3. Pak jika nilai koefisien determinasi rendah, bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Mengukur seberapa jauh kemampuan sebuah model,yang di maksud model disini apa pak ? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibaratkan seperti kita mau memasak "makanan yang enak" untuk itu kita butuh memberikan bumbu2x yang tepat dengan takaran yang pas agar dapat membuat masakan yang enak.

      model ini mengukur seberapa cocok / seberapa baik model variabel dependen (X) yang digunakan untuk menjelaskan variabel independen (Y)

      Delete
  5. pak saya mau tanya, alasan menggunakan uji r square itu untuk apasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengetahui seberapa baik model varibel dependen (X) yang digunakan untuk menjelaskan variabel independen (Y)

      dimana semakin mendekati angka 1 maka semakin baik model/rumusan yang kita gunakan.

      Delete
  6. maaf pak, apakah koefisien determinasi dapat dilakukan pada penelitian populasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya koeisien determinasi digunakan untuk melihat kemampuan suatu model dalam menerangkan varibel dependen. selama penelitian menggunakan penerangan melalui suatu model maka bisa menggunakan metode ini.

      Delete