SPSS



SPSS adalah salah satu program komputer yang dapat digunakan untuk menganalisis data statistik. program ini sesungguhnya sangat cocok untuk penelitian data sosial dengan model regresi linear. namun dewasa ini banyak juga yang menggunakan program ini untuk melakukan data ilmu ekonomi dan keuangan.

nah kali ini kita akan belajar bagaimana cara melakukan analisis data dengan menggunakan program SPSS ini. SPSS yang digunakan penulis untuk mengolah data ialah SPSS 21. tapi sebelum itu ada baiknya jika kita belajar dari yang paling dasar dulu:

1. Menyusun Data
2. Memindahkan data dari Excel ke SPSS


untuk penjelasan mengenai uji silahkan klik salah satu materi dibawah ini:

1. Validitas dan Reliabilitas

Untuk mencari bahan pengujian No.2 dan No.3 karena dapat dilakukan secara bersama-sama, secara ringkas dapat di lihat pada link ( Cara Mencari Bahan Uji Asumsi Klasik dan Hipotesis dengan SPSS ).

2. Uji Asumsi Klasik

2.1. Uji Linearitas
2.4. Uji Heteroskedastisitas
2.5. Uji Autokorelasi

3. Uji Statistik / Hipotesis

3.1 Uji Determinasi R2
3.2 Uji t
3.3 Uji F

untuk data ilmu ekonomi dan keuangan tidak membutuhkan uji validitas dan realibilitas, karena  uji validitas dan realibilitas ditujukan untuk penelitian kusioner (data sosial).

Sebagai penutup saya cuma ingin bilang. bahwa sesakti apapun anda dalam mengolah data tetap tidak ada yang lebih sakti dari dosen pembimbing anda dalam memberi nilai. jadi harap dengarkan dia apapun itu. kalau permintaanya sudah di luar nalar harap anda hubungi Kaprodi atau Dekan anda demi kebaikan anda sendiri.

No comments:

Post a comment